Tips memilih kantor sewa yang baik dan benar secara umum banyak ditulis dan beredar jika anda melakukan pencarian di situs google. Namun, dalam artikel ini, kami telah merangkum beberapa tips khusus dari seorang arsitek berdasarkan pengalaman yang sudah beliau lewati diantaranya:

Sebagaimana kita ketahui, memilih ruang kantor yang baik adalah salah satu hal yang paling mendasar dan berpengaruh cukup besar terhadap operasional kantor perusahaan kita kedepannya.

  • Secara umum tips memilih kantor, tentunya kita harus memperhatikan lokasi gedung perkantoran yang akan kita sewa. Namun, penentuan lokasi sangatlah relatif tergantung dengan kebutuhan dan arus dari lingkup perusahaan anda.
  • Tampilan / tampak depan ke gedung perkantoran tersebut. Tampilan yang bagus akan ikut mengangkat pamor dan nama brand perusahaan penyewa ruang kantor didalam gedung perkantoran tersebut.
  • Fengshui, fengshui merupakan bagian tidak terpisahkan dan termasuk dalam tips memilih kantor versi ini. Menghadap kemanakah ruang perkantoran anda dan bekas dari apakah gedung perkantoran tersebut.
  • Pengelola gedung perkantoran, biasanya ini akan mempengaruhi layanan dan perawatan gedung tersebut.

Fasilitas standard gedung perkantoran yang baik

Beberapa fasilitas standar gedung perkantoran di Medan yang perlu anda periksa sebelum anda menyewa kantor anda. Berikut tips nya:

  • Lapangan parkir
    Ketersediaan lapangan parkir umum dan khusus. Sebuah gedung perkantoran yang baik tentunya menyediakan area parkir khusus untuk perusahaan yang menyewa kantor didalam gedung perkantoran tersebut.
  • Akses ke fasilitas umum
    Bukan hanya ketersediaan fasilitas umum, tetapi perlu anda perhatikan akses untuk mencapai fasilitas tersebut.
  • Koneksi internet
    Era saat ini adalah era digital, hampir seluruh kegiatan bisnis perkantaoran memerlukan koneksi internet. Oleh karena itu, pastikan layanan internet yang terpasang didalam gedung perkantoran tersebut bekerja dengan baik.
  • Ruang meeting dan sejenisnya
    Ruang meeting adalah salah satu standard yang merupakan fasilitas yang disediakan oleh pengelola gedung perkantoran.
  • Fasilitas keamanan
    Fasilitas keamanan yang dimaksud adalah seperti hidran, sistem pemadaman kebakaran, sistem akses door / pintu khusus dengan kartu
  • Pengelolaan air, listrik dan limbah
    Pengelolaan komponen terpenting ini perlu anda periksa jangan sampai nanti masalah seperti ini mengganggu anda
  • Layanan Cleaning service
    Layanan kebersihan ruangan umum adalah yang utama. Bayangkan saja jika gedung tempat perusahaan anda beraktifitas berbau dan lumutan di dindingnya.

Fasilitas gedung perkantoran lainnya

Selain dari fasilitas yang disebutkan diatas, terdapat banyak lagi hal yang perlu anda periksa dan pastikan ada misalnya generator set, kantin gedung, mini market dan sebagainya.

Sebagai informasi, semua fasilitas tersebut diatas bisa anda dapatkan dengan harga lumayan bersaing di Sutomo Tower, sebuah gedung perkantoran dengan layanan sewa kantor yang baik di Medan.

Selain tips memilih kantor, berikut kami lampirkan juga manfaat dan untung ruginya sewa ruangan kantor dalam gedung perkantoran.

Tips memilih kantor – Keuntungan sewa kantor di gedung perkantoran:

  • Keamanan lebih tinggi daripada kantor ruko
  • Brand Image yang lebih elit, bagaimanapun nama “gedung” pasti akan lebih dipandang daripada “ruko”
  • fasilitas yang ditawarkan tentu jauh lebih baik daripada kantor ruko.
  • Office Space / ruang kantor yang bervariasi.
  • Biasanya gedung perkantoran telah dilengkapi dengan interior umum yang sudah menjadi kebutuhan pokok semisal meteran air, meteran listrik, koneksi internet dan sejenisnya.

Tips memilih kantor – Kelemahan sewa kantor di gedung perkantoran:

  • rawan gempa. Semakin tinggi suatu gedung, tingkat resiko dan kekuatiran terhadap gempa akan semakin tinggi pula
  • Ada beberapa fasilitas yang bersifat umum, sehingga untuk menggunakan ruang meeting misalnya, anda diharuskan untuk memesan tempat terdahulu
  • Harga relatif lebih mahal daripada kantor ruko
  • Aktifitas dapat terganggu jika rekan atau perusahaan lain penyewa ruang kantor tersebut berisik. Ketenangan kerja dan kenyamanan akan terganggu.
  • waktu operasional terbatas. Biasanya manajemen dari gedung perkantoran membatasi kegiatan atau lembur ekstrem sehingga pekerjaan anda kadangkala dapat terhambat
  • Akses kelapangan parkir agak jauh dibanding dengan kantor ruko.
tips memilih kantor sewa di medan

Demikian tips yang diberikan oleh Darwin Tan, Bsc – Seorang arsitek dan interior designer jebolan dari universitas Curtin asal Medan.

Baca juga:
Primaberita Direktori Bisnis – Pilihan pengusaha cerdas masa kini
Primaberita – Berita harian medan terpercaya dan nikmat

Penulis,
Hendra – 08192190366
PT. Prima Optimasi Indonesia